KARTIKA OKTORINA (KAE)

Jakarta Selatan - Indonesia


Birth : 19 OKTOBER 1983

IG : @k.oktorina

Kartika Oktorina (Kae) lahir di Bandung pada tahun 1983. Pada tahun 2007 menyelesaikan pendidikan Master of Arts di Media Art Studies, Maastricht University, Belanda. Saat ini bekerja dan tinggal di Jakarta Indonesia. Sebagai seniman media baru praktek berkeseniannya fokus pada penggunaan teknologi terbaru untuk mengintepretasikan kompleksitas hubungan manusia dengan teknologi dan alam. Kae telah mengikuti beberapa pameran kolektif di dalam negeri dan merupakan salah satu pemenang dalam Erlangga Art Awards 2022 pada kategori seni instalasi.

EXHIBITION

PIXELYVIRIDAE 2.0

Interactive Digital Mapping Installation
300 cm x 220 cm
2022

Pandemi yang sudah berjalan selama dua tahun membawa sebuah perubahan besar dalam kehidupan. Teknologi menjadi sebuah perangkat dasar yang harus dimiliki semua kalangan masyarakat dalam semua tatanan kehidupan. Pertemuan digantikan dengan zoom meeting, silahturahmi dengan pesan whatsapp bahkan dunia metaverse dianggap akan menjadi tempat berlibur baru. Representasi individu berubah menjadi gambar grafis yang muncul di layar. Representasi manusia yang dulunya berupa gestur dan sopan santun, berganti menjadi berapa piksel dan gigabytes yang mampu dihantarkan teknologi.

Karya ini mencoba menggambarkan apabila piksel yang sangat penting saat ini, diubah menjadi virus yang berpindah melalui tubuh kita. Seiring berinteraksi dengan karya maka virus piksel berpindah melalui gerak dan gestur. Citraan fisik tubuh diubah ke dalam bentuk digital diproses dengan bahasa pemrograman secara langsung yang kemudian dibaca sebagai sebuah titik warna kecil atau piksel yang saling terkoneksi.

*Piksel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci. Piksel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel
*Viridae merupakan penamaan kategori famili virus dalam taksonomi biologi. Contohnya : Coronaviridae atau yang lebih dikenal dengan COVID