BLANCO BENZ ATELIER

JEFFI MANZANI, YURA KENN KUSNAR, WILLIAM SAMOSIR

Bandung - Indonesia


Birth : 2017

@blancobenzatelier

BBA adalah sebuah kolektif seni media baru yang terbentuk pada tahun 2017 di Bandung. Sebagai sebuah kolektif, BBA berkarya baik secara individu maupun kolaborasi. Fokus kami sekarang adalah mengembangkan dan mengeksplorasi konsep historical futurism melalui perspektif digital, dunia maya (virtual), dan 3D.

EXHIBITION

eCommerc3

video 2'25"
2022

Eksplorasi kekaryaan ini mengedepankan ketika platform seni yang secara fisik sudah tidak ada. Tidak ada lagi kuratorial atau buah pemikiran dalam sebuah karya. Yang ada hanya visual yang akan dikurasi oleh data dan algoritma berdasarkan pixel dari arsip dokumentasi karya seni yang marak di ekosistem digital. Media tempat karya diunggah hanya akan ada satu dan peran kurator sudah diambil oleh algoritma yang tentunya akan menghapus karya-karya yang ""tidak sesuai"". Kondisi ini akhirnya menggiring bahwa seniman berkarya berbasis komersialisme, demi terjual dan terunggah oleh monopoli algoritma.

Metode yang digunakan adalah bentuk perlawanan terhadap sistem monopoli algoritma tersebut dengan cara menumpuk dan menggabungkan hasil dokumentasi pribadi dengan AI scaping serta arsip platform digital lainnya. Sehingga karya ini bertujuan untuk menciptakan kebingungan dan ketidaknyamanan pada algoritma, merekonstruksi waktu, narasi, fenomena, dan realitas sosial menggunakan digital dan aparatus komputasi, menciptakan paradigma estetika baru yang berdampak langsung pada sistem monopoli algoritma ini melalui bentuk, warna, dan gerakan improvisasi. Melalui eksplorasi interdisipliner ini menuju ruang non-permanen yang menimbulkan ketidakpastian.